Kebun Penangkar bibit Kakao Kampung Takwa bangun

Guna memastikan ketersediaan bibit, Kepala Distrik Yapsi mengunjungi kelompok Penangkar bibit kakao di Kampung Takwa bangun.

Kebun Penangkar bibit Kakao Kampung Takwa bangun
Penangkaran bibit Kakao sambung pucuk milik kelompok Karya tani Kampung Takwa bangun Distrik Yapsi (Endy doc)

Pemantik.id – Pemerintah Kabupaten Jayapura terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakatnya dengan memastikan keberlanjutan unit usaha  masyarakat.

Rabu, 01-12-2021  Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee. S.IP beserta staf melakukan kunjungan ke salah satu kelompok penagkar bibit kakao di Kampung Takwa bangun Distrik Yapsi guna memastikan ketersediaan bibit kakao untuk program penanaman kakao di tahun 2022 nanti.

“Kami mengunjungi kelompok penangkar bibit Kakao ini untuk memastikan ketersediaan bibit yang mana nantinya tahun 2022 kita akan melakukan penanaman Kakao dan Jagung bagi 9 (sembilan) kampung yang berada di Yapsi ini, dan setelah melihat langsung ternyata ketersedian bibit cukup banyak yaitu ada 300,000 (tiga ratus ribu) bibit sambung pucuk yang telah siap ditanam” ungkap Ka. Distrik Yapsi.

Kepala Distrik dan Ketua Kelompok Tani

Ketua Kelompok Penangkar “Karya tani”   Evendi Irsul  mengatakan bahwa kelompok ini terbentuk tahun 2014 sampai saat ini masi eksis berjalan, untuk memastikan ketersediaan bibit Kakao. Mereka juga telah menyuplai bibit Kakao ke Kabupaten Kerom, Sarmi dan juga di wilayah Grime.

Jenins bibit yang tersedia saat ini adalah bibit bersertifikat jenis S1, S2, MCC 01 dan MCC 02.  Harapannya Kakao adalah komoditi unggulan untuk Papua, jangan sampai hal ini terputus, karena sekarang hanya tanaman Kakao yang  menjanjikan bagi petani. Penjualannya pun selain biji, juga sampai proses penanganan pasca panennya seperti coklat dan minuman coklat lainnya ungkapnya.  “Endy admin”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *