Foto bersama Asisten II, Ketua DPRD dan Anggota, Pimpinan OPD

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan membuka secara resmi “MUSRENBANG” Distrik Wilayah Pembangunan IV

Foto bersama Asisten II Setda Kab Jpr, Ketua dan anggota DPRD WP IV, Pimpinan OPD, Kepala Distrik WP IV, Kapolsek Airu, Yapsi, Kaureh, Dankompi WMS (endy foto)

Pemantik.id  Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Distrik wilayah pembangunan IV terdiri dari 5 Distrik yatu Distrik, Unurum Guay, Kaureh, Airu, Gersi Selatan dan Distrik Yapsi yang dilaksanakan di Balai  Kantor Kampung Ongan Jaya Distrik Yapsi tanggal 31 Maret 2022.

Mewakili Bupati Jayapura Asisten II Setda Kabupaten Jayapura bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Drs Joko Sunaryo  saat membacakan sambutan Bupati Jayapura menyampaikan bahwa pelaksanaan musrenbang Distrik wilayah pembangunan IV ini merupakan  rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam penyususnan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023 sesuai dengan arahan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan daerah. Adapun maksud pelaksanaan musrenbang ini  untuk menyampaikan isu-isu strategis daerah, program prioritas daerah serta arah kebijakan sebagai salah satu panduan dalam menyamakan presepsi dan pemahaman bersama tentang rencana pembangunan daerah tahun 2023 sehingga tercapai kesepakatan dalam berita acara. Perwujudan perencanaan daerah yang akurat merupakan cerminan penyelenggaraan indicator makro dan program prioritas nasional tahun 2020-2024. Dan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Musrenbang Distrik wilyah pembangnuan IV tahun 2022.

Peserta Musrenbang Distrik Wilayah Pembangnuan IV (endi foto)

Musrenbang ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo S.IP, dan Anggota DPRD Wilayah Pembanginan IV, pimpinan perangkat daerah (OPD) di lingkup Kabupaten Jayapura diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian dan Hortikultura, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda, Inspektorat, OPD lainnya, kelima Kepala Distrik se-wilayah IV, kepala-kepala Kampung, Ketua DAS Oktim, Kapolsek Yapsi, Airu, Kaureh, Komandan Kompi 756 WMS, Kepala-kepala Puskesmas WP IV, tokoh adat, masyarakat, pemuda, agama, perempuan dan Pendamping Desa.

Dalam pembahasan melalui komisi-komisi membahas 266 usulan terbagi dalam empat kelompok yaitu Komisi Pemerintahan membahas 42 usulan terkait program kesehatan, pendidikan, olahraga, dan kesbanglinmas. Komisi Fisik dan Prasarana membahas 143 usulan terkait program pembangunan fisik dan prasarana di Distrik. Komisi Ekonomi membahas 23 program prioritas ekonomi. Komisi Sosial budaya membahas 58 usulan terkait program pendidikan, kesejahteraan social dan budaya.

Penandatanganan berita acara oleh Ketua DPRD Kab Jpr (endi foto)

Setelah pembahasan didalam komisi-komisi dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara hasil Musrenbang yang ditandatagani oleh Ketua DPRD, Pimpinan OPD terkait, Kepala Distrik, perwakilan Kepala Kampung dari masing-masing Distrik, tokoh adat, dan tokoh agama.

Dalam sambutan penutup Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo S.IP  menyampaikan  bahwa penandatanganan berita acara hasil musrenbang ini adalah fakta integritas kita bersama, “kita harus mengawal bersama, jangan stop disini, koordinasi dan komunikasi terus berjalan karena ini adalah sumpah janji kita bersma. Yang selanjutnya menutup secara resmi kegiatan Musrenbang tersebut.  (endi admin)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *