Pentingnya Peningkatan SDM, Diskominfo Jayapura Gelar Pelatihan Instalasi Jaringan Vsat dan Maintenance

Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, Timotoius J. Demetouw didampingi oleh Dadang Firmanyah selaku Specialist Strategi Planing Change Management Departement PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan Gustaf Griaapon selaku Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, menabu tifa bersama tandanya kegiatan Pelatihan telah dibuka secara resmi

SENTANI, Pemantik– Pentinggnya Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi pemuda-pemudi di Kabupaten Jayapura, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura bekerja sama dengan PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan PT.Madani Tech melaksanakan Pelatihan Instalasi Jaringan Vsat dan Maintenance bagi Pace Mace Admin TIK (Pemantik), Relawan TIK dan Rumah Belajar Papua, dimana sesuai jadwal kegiatan akan terlasana selama tiga hari 30 Maret – 1 april 2021 di Aula lantai II Kantor Bupati Gunung merah Sentani.


Dalam sambutannya Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, Timotoius J. Demetouw mewakili Pemerintah Kabupaten Jayapura mengatakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diatur dalam UU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan juga INPRES Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, diiringi dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat, maka perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Menurutnya Pemerintah Kabuaten Jayapura sangat mengapresiasi kepada PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan PT.Madani Technologi karena mau melatih pemuda dan pemudi di Kabupaten Jayapura yang mana melalui Dinas Komunikasi dan informatika ini telah mempersiapkan Pace Mace Admin TIK (Pemantik) yang tersebar di beberapa Distrik dan Kampung-kampung di Kabupaten Jayapura, Relawan TIK dan Rumah Belajar Papua.


“Semua ini kita akan dorong karena mereka yang tadinya hanya pengguna Internet, sekarang mereka dilatih sebagai tenaga Teknisi dan Maintenance, hal ini luar biasa karena dapat mendukung apa yang menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura yaitu progranm Distrik Membangun Membangun Distrik (DMMD). Harapan kami melalui Pelatihan Vsat internet ini dapat memperluas Jangkauan Jaringan Internet dan juga peningkatan SDM sehingga Masyarakat dapat mengikuti semua perkembangan informasi dengan menggunakan Internet ujarnya”


Sememtara itu Dadang Firmanyah selaku Specialist Strategi Planing Change Management Departement PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mengungkapkan sejalan dengan Visi Misi Bupati Jayapura intinya adalah adanya Pelatihan dan juga Pemberdayaan, kami berharap bahwa masyarakat Kabupaten Jayapura buakan hanya menjadi penonton tetapi menjadi Pionir menjadi praktisi langsung sebagai teknisi dan juga sebagai mantinence sehingga pemberdayaan lebih maju lagi dan kami akan sangat terbantu didalam pemasangan Visat.
Dia juga berharap Pelatihan Instalasi Jaringan Vsat dan Maintenance yang akan dilatih selama tiga hari ini kepada 25 Peserta dapat terlaksana dengan baik ungkapnya.
(Endi admin)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *