Kepala DIstrik Yapsi Seteven Ohee S.IP DIdampingi oleh Kabid Sosbud Bappeda Kabupaten Jayapura dan Perwakilan TNI/POLRI

Distrik Yapsi Gelar Musrenbang 2021

Yapsi- Pemerintah Distrik Yapsi menggelar musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Tahun 2021 di Aula Pertemuan Kantor Distrik Yapsi, Selasa 09 Maret 2021. Hadir dalam musrenbang, pimpinan dan utusan dari beberapa OPD terkait seperti Bappeda, utusan Disdukcapil, Dinas Pendidikan, UPTD Puskesmas Yapsi, Perwakilan TNI-Polri, tokoh Pemuda, tokoh Adat dan seluruh Perangkat Kampung diwilayah Distrik Yapsi.
Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee S.IP dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang bukan hal baru tetapi sesungguhnya musrenbang adalah hal yang sangat luar biasa karena Pemerintah memberikan ruang dimana setiap orang dapat menyampaikan aspirasinya untuk pembangunan dikampungnya mualai dari pembahasan ditingkat RT/RW smapai ditingkat atas. dan rekapan prioritas program dari tingkat kampung itulah yang kita bahas di musrenbang Distrik. dan musrenbang adalah hajatannya Kampung karena Distrik hanya memfasilitasi antara pemerintah Kampung dan OPD terkait ditingkat Kabupaten sehingga dapat menghasilkan program kerja yang telah dirancangkan.
Lanjutnya Walaupun beberapa OPD tidak hadir karena cuaca yang cukup ekstrim , kita tetap bersyukur kepada Tuhan karena kita dapat melaksanakan Musrenbang hari ini ungkap Kepala Distrik Yapsi mengakhiri sambutannya yang sekaligus membuka secara Resmi Pelaksanaan Musrenbang Distrik Yapsi Tahun 2021.
Sementara itu Kabid Sosbud Bappeda Kabupaten Jaypura Ir. Jefri Kolay mengatakan bahwa Sesuai dengan undang-undang 25 tentang perencanaan Pembangunan Nasional bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan itu dimulai dari tingkat bawah mulai dari RT/RW sampai dengan tingkat Nasional. Undang-undang nomor 6 tentang Desa juga mengatur tentang Musrenbang jadi Kepala-kepala Kampung harus memahami itu dan Musrenbang 2021 ini kita lakukan untuk membahas Program Tahun 2022.
Musrenbang ini hanya biasa-biasa saja namun dalam Perencanaan itu sangat luar biasa karena itulah aspirasi dari masyarakat yang dituangkan dalam konsep pembangunan Kampung sesuai tahapan musrenbangnya.
Tentunya ada Program-program yang tidak dapat diakomodir di musrenbang Kampug seperti Jalan Jembatan dan juga program besar lainnya, itulah yang kita bahas di tingkat Distrik, tetapi program lainnya yang nilainya kecil dapat diakomodir dalam Musrenbang Kampung untuk dibiayai dalam APB-Kampung. Berkaitan dengan Anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Kampung, Kepala Kampung harus Jeli melihat petunjuk peruntukan aggarannya supaya jangan salah didalam Penggunaannya.” tambahannya.
Ketika dikonfirmasi mengenai Prioritas Program, Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee S.IP mengatakan bahwa saat ini yang sangat dibutuhkan masyarakat yaitu Jalan dan Jembatan serta Penguatan Signal. dua hal ini yang sangat urgen, tetapi juga program lainnya seperti Sekolah Jarak Jau, Program Ekonomi Hijau, Program DMMD “seperti Perekaman KTP”, Pelayanan Kesehatan yaitu pengadaan kendaraan Ambulance “karena Puskesmas Yapsi sering melayani Pasien dari Distrik Gersi Selatan dan Kaureh” serta beberapa Program lainnya imbuhnya.
Harapannya semua program yang telah dibahas hari ini bisa ditindak lanjuti oleh OPD terkait. Sehngga dapat mewujudkan Distrik Yapsi sebagai Distrik yang maju dan Sejahtera tukasnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *