Satu Warga Yapsi Positif C-19, Tim Gugus Tugas Distrik Yapsi Bertindak cepat

Petugas Puskesmas Yapsi saat melakukan Rapid Tes kepada warga Yapsi “endi doc

Setelah Distrik Yapsi Kabupaten Jayapura dinyatakan berada dalam sona kuning karena satu warga Positif Covid-19 dan dua ODP  maka tim gugus tugas Distrik Yapsi melaukan tindakan cepat dalam rangka pemutusan mata rantai Penyebaran Covid-19 dengan berkoordinasi dengan Pihak  Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapuura melakukan Skrining bagi masyarakat yang berada pada kampung Taqwa bangun, Bumi sahaja dan Kwarja, yang dilakuakn pada hari sabtu tanggal 04 Juli 2020 bertempat di halaman Masjid Kampung Taqwa Bangun SP 5 Distrik Yapsi.

     Kepala Puskesmas Distrik Yapsi Juni Irianto S.Kep mengatakan bahwa, hari ini kami melakuakn Skrining terhadap masyarakat yang berada di tiga Kampung yaitu Kampung Taqwa bangun, Bumi Sahaja dan Kwarja terkait penemuam kasus covid-19 di wilayah Yapsi ini, skrining ini kami lakukan agar dapat mengetahui penyebarannya dan melalui hasil ini kami akan tentukan  rencana tinndak lanjut dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus ini, saat ini ada 300 alat RAPID TES yang tersedia, dan kami melihat antisipasi warga cukup baik dalam melakukan tes ini, sehingga harapan kami 300 alat yang tersedia ini dapat digunakan semuanya dan tidak ada lagi kasus di wilayah Distrik Yapsi ini.  Kami juga berterima kasih buat Tim Gugus tugas Distrik Yapsi dalam upaya dan kerja samanya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

KAPOLSEK Distrik Yapsi AKP ROZIKIN SH Sangat Mengapresiasi kinerja dari Ketua tim gugus tugas Distrik Yapsi dan juga petugas Puskesmas Yapsi yang telah memberikan RAPID TEST secara gratis terkait adanya temuan kasus baru khususnya Kampung Taqwa bangun dan secara umum di Distrik Yapsi. Dia juga menegaskan bahwa masyarakat di Distrik Yapsi  ini harus lebih berhati-hati dan tetap mematuhi protokol kesehatan  karena kita tidak tau kapan penyebaran dan penularannya, Bagi Masyarakat yang sudah terpapar agar dapat melakukan isolasi mandiri dan terus membuka diri kepada pihak Puskesmas.

Harapan kami agar Distrik Yapsi ini dapat terbebas dari Kasus Covid-19 ini ungkap Kapolsek yang juga sebagai Wakil Ketua Tim Gugus Tugas DIstrik Yapsi.

Pelaksanaan Rapid test secara masal ini dilakukan setelah adanya satu pasien Positif  di wilayah Distrik Yapsi ungkap Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee S.IP. upaya-upaya yang telah dilakukan yaitu berkoordinasi dengan Pihak terkait untuk pelaksanaan tes saat ini yang terpusat di kampung Takwa bangun karena satu pasien Positif COVID-19 berasal dari kampung ini, dan untuk kampung Kwarja dan Kampung Bumi Sahaja kita rujuk kesini.

Kami lebih awal telah melakukan RAPID TES dan diikuti oleh semua warga, sehingga melalui kegiatan ini kami dapat mengetahui hasil perkembangan, kalau jumlah Reaktif tinggi maka kami akan mengupayakan RAPID TES dalam skala besar untuk tingkat Distrik yang melibatkan semua kampung, (9 Kampung) tentunya kami akan menerima fakta yang terjadi , kalaupun ada yang Reaktif maka kami akan rujuk ke RSUD Yowari.

Harapan kami kedepan sekalipun Yapsi ada satu Pasien yang Positif Covid-19  kami dan semua Kepala Kampung berkomitmen bahwa seluruh warga untuk mematuhi dan mengikuti Protokol Kesehatan yang telah ditentukan oleh Pihak Kesehatan, tetap menggunakan masker saat beraktifitas, mencuci tangan, social distancing  dan lain sebagainya, initinya Yapsi harus aman dari penyebaran virus ini ungkap Kepala Distrik Yapsi yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Distrik Yapsi.              “ Endi love”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *