PENTINGNYA DATA, KAMPUNG-KAMPUNG SE-DISTRIK YAPSI GELAR PELATIHAN PENYUSUNAN DATA KAMPUNG

Sambutan Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee. S.IP saat membuka secara Resmi Kegiatan Pelatihan  Penyusunan Data Kampung

Endy Doc
Sambutan Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee. S.IP saat membuka secara Resmi Kegiatan Pelatihan Penyusunan Data Kampung, didampungi oleh Kapolsek Yapsi-Airu-Kaureh Rozikin SH & Kepala Bidang PIAK Disdukcapil Kabupaten Jayapura Drs. Mesiyo. Endy Doc

Pentingnya Data untuk Perencanaan Pembangunan di kampung adalah hal mutlak yang harus di persiapkan oleh Pemerintah Kampung dalam mengelola anggaaran untuk Pembagunan  di Kampung sehingga Pembangunan yang dilaksanakan tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Merasa hal ini sangat penting maka Kampung-kampung se Distrik Yapsi (10 Kampung) menggelar pelatihan  Penyusunan Data Kampung dan Kader Data  di Aula Kantor Distrik Yapsi selama dua hari (03-04 Maret 2020). kegiatan ini dilaksanakan menggunakan 20% dana Prospek (Program Strategis Pembangunan Kampung) Tahun anggaran 2018 yang dikelolah langsung oleh Panitia yang dibentuk oleh Pemerinntah Distrik dan Kampung-kampung se-DistrikYapsi.

Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee S.IP didampingi langsung oleh Kapolsek Yapsi- Kaure- Airu, Rozikin SH dan Kepala Bidang PIAK  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Jayapura, Drs. Mesiyo serta seluruh Kepala Kampung se-DistrikYapsi.

Pembacaan Laporan Oleh Ketua Panitia  Nur Iman
Pembacaan Laporan Oleh Ketua Panitia Nur Iman

Ketua Panitia Nur Iman, saat membacakan Laporan ketua Panitia dirinya menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Kampung, Pemerintah Distrik Yapsi bersama DISDUKCAPIL Kab. Jayapura.

Panitia dan Peserta Pelatihan Berasal dari Pemerintah Kampung dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Kampung (KPMK)  se Distrik Yapsi, berjumlah dua puluh (20) orang yang berasal dari sepuluh (10) Kampuung se-Distrik Yapsi yaitu Kampung Adat Bundru, Ongan Jaya, Bumi Sahaja,  Nawa Mulya, Nawa Mukti, Takwa Bangun, Purnawa Jati, Tabeyan, Kwarja dan Kampung Persiapan Sarwa Jaya.

Peserta juga akan difasilitasi dengan satu unit perangkat Labtop setiap Kampung dan fasilitas lainnya untuk menunjang Pelatihan dan Penginputan Data, dirinya menekankan bahwa “Pelatihan ini Penting, bukan yang penting Pelatihan” ungkap Nur Iman yang juga adalah Kepala Kampung Ongan Jaya Distrik Yapsi mengakirinya.

Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee S.IP dalam sambutannya mengatakan bahwa “Merencanakan tanpa data sama denga Merencanakan kegagalan dikampung” oleh karena itu pihaknya sangat mendukung upaya Kampung dalam menghadirkan data yang lengkap dan valid, karena data sangat penting dalam Proses Perencanaan, Pelaksanaan maupun Evaluasi program Pembangunan. Hal ini adalah awal yang sangat baik untuk menuju one village one data, one district one data..

Dirinya menambahkan bahwa kader yang hari ini dilatih adalah anak-anak yang berasal dari Kampung dan berdomisili di Kampung masing-masing, sehingga nantinya merekalah yang akan mendampingi Pemerintah Kampung dalam melakukan Pendataan di kampung karna mereka berasal dari kampung maka pasti mereka paham dengan kondisi Kampung mereka, di samping itu  mereka adalah generasi yang sedang dipersiapkan untuk menjadi orang-orang yang handal di kampung karena mereka akan terus dilatih bukan hanya untuk pendataan tetapi hal-hal lainya seperti Perencanaan peganggaran, Teknologi Informatika dan lain sebagainya. Dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Kampung yang sedang melakukan proses Pemberdayaan di kampung.

Harapannya seluruh Peserta yang mengikuti Pelatihan ini dapat mencermati dengan baik semua materi yang disampaikan sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Karena sesuai target kita selama satu bulan data kampung dapat dirampungkan.

KAPOLSEK Yapsi-Kaureh-Airu ROZIKIN SH

Kegiatan ini juga didukung langsung oleh Kapolsek Yapsi- Airu- Kaureh,  Rozikin.S.H. dirinya menyatakan bahwa sesuai dengan target yang ditetapakan maka pihaknya sangat siap untuk mendukung dan mendampingi proses Pendataan, Bahkan dirinya juga akan menugaskan seluruh anggota Bhabinkamtibmas untuk mendampingi proses pendataan di Kampung masing-masing, “bila perlu akan dikawal mobil Patroli untuk tempat-tempat yang jauh sepeti dusun Akwan” ujarnya yang disambut meriah oleh seluruh hadirin. “kami akan mendampingi petugas dilapangan,  pokoknya kegiatan ini harus sukses” ujar Kapolsek yang menangani tiga Distrik tersebut.

Mastur selaku sekretaris Panitia mengungkapkan bahwa Data yang di kumpulkan berupa data Kependudukan, data Potensi Wilayah termasuk kepemilikan ternak, tanaman, dan lainnya, yang mana form pendataannya telah disingkronkan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura dan kebutuhan data lainnya untuk melengkapi Profil Kampung, dan data tersebut akan dijadikan bahan dasar untuk menyususn Program Pembangunan berbasis Data, juga dalam melaksanakan pelayanan administrasi Pemerintah Kampung ujarnya.

Foto Suasana Pelatihan

Materi yang diberikan kepada peserta adalah Rencana Distrik sebagai Pusat Data, Pentinggnya Data bagi Kamtibmas, Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA), Tugas Pokok dan Fungsi Kader Pemberdayaan Masyarakat Kampung (KPMK) serta Teknik-teknik Pendataan dan Penginputan Data Berbasis Aplikasi (IT)

Dirinya berharap melalui kerja sama semua pihak maka Kegiatan Pelatihan ini dapat berjalan dengan baik, dan peserta juga dapat menyerap materi ini sebaik mungkin sehingga target satu bualan data-data Kampung dapat dirampungkan dan Kampung-Kampung se-Distrik Yapsi siap menjadikan satu Kampung Satu Data menuju Satu Distrik satu Data ungkap Mastur yang juga sebagai Pendamping local Desa (PLD) mengakhirinya. “Doc Admin Yapsi “

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *